Firebird Fundamental

March 15, 2006 at 10:33 pm | Posted in Database | 1 Comment

by: Jaimy Azle

Artikel ini merupakan kutipan dari: Jaimy – Firebird Fundamental.

Mungkin anda sudah mengetahui Firebird dapat anda gunakan untuk kebutuhan komersil sekalipun secara gratis, anda tertarik, dan sudah menginstallnya pada desktop anda. Lalu apa selanjutnya? instalasi tersebut hanya menginstalkan aplikasi server firebird beserta beberapa tool manajemen berbasis console box. Barangkali anda kecewa karena ternyata fitur-fitur hebat yang ditawarkan itu tidak diikuti dengan keberadaan administration tool yang bisa digunakan secara mudah/user friendly. Jangan berkecil hati dulu, artikel ini tidak ditujukan untuk yang sudah berpengalaman bertahun-tahun menggunakan Firebird, melainkan untuk anda yang baru mulai mengenal dan mencoba mengevaluasi kemampuan Firebird.πŸ™‚

Sebelum anda melanjutkan membaca artikel ini, ada beberapa hal penting untuk anda ketahui yang berlaku pada seluruh administration tool ataupun pada aplikasi yang akan anda bangun dengan menggunakan Firebird sebagai basis RDBMS anda:

1. Firebird dapat beroperasi dalam dua modus

Secara default Firebird beroperasi sebagai C/S Database Server dengan menawarkan semua fitur/fasilitias yang dimilikinya, dalam arti Firebird bekerja sebagai aplikasi terpisah di sisi server dan menyediakan service atas data yang di-request oleh aplikasi client. Dan sebagai tambahannya, mulai versi 1.5 Firebird dapat pula digunakan sebagai Database Engine Library/Embeded server yang terintegrasi secara penuh pada aplikasi anda, dengan demikian ana tidak lagi membutuhkan keberadaan server ataupun instalasi secara terpisah. Fasilitas embeded server ini lebih ditujukan untuk memenuhi kebutuhan segemen single user database desktop application, dan memperluas skalabilitas penggunaan karena aplikasi desktop tersebut bisa dibuat berjalan sebagai sebuah aplkasi C/S tanpa harus mengubah kode apapun.

2. Protokol Network yang Didukung

sebagai C/S Database Server, Firebird mendukung protokol network yang umum anda gunakan, baik NetBEUI, IPX/SPX, ataupun TCP/IP. Protokol mana yang digunakan bergantung pada cara anda menspesifikasikan connection string untuk mengakses database.

  • NetBEUI: \\hostname\path\to\database.fdb
  • IPX/SPX: hostname@path\to\database.fdb
  • TCP/IP: hostname:path\to\database.fdb

Sebagai contoh:

localhost:d:databaseemployee.fdb

Untuk mendapatkan kinerja Firebird secara optimal, sedapat mungkin gunakan protokol TCP/IP yang secara desain memiliki tingkat efisiensi dan reliabilitas yang lebih baik dari protokol-protokol lainnya.

3. Multiple Database Connection

Untuk memungkinkan Firebird diakses oleh lebih dari satu koneksi, firebird harus dijalankan dalam mode c/s database server. Jika tidak maka firebird akan beroperasi dalam modus single user/connection dan mengakses database secara ekslusif dengan mengunci database tersebut singga tidak memungkinkan bagi user lain untuk mengakses database yang sama.

Lalu permasalahannya bagaimana jika anda tidak memiliki sebuah server? Tentu saja dalam hal ini Firebird dapat berjalan dalam satu desktop bersama dengan aplikasi anda. Hanya saja pastika driver protokol TCP/IP pada desktop anda sudah berjalan dengan benar.

Barangkali dalam hal ini anda kurang beruntung memiliki desktop terbaru yang umumnya telah memiliki network card terintegrasi dalam motherboard dan memiliki WIndows2000/XP yang sudah mendeteksi segaligus menginstallkan driver yang sesuai . Beberapa langkah yang dapat anda lakukan dalam hal ini adalah:

Cek terlebih dahulu keberadaan networking driver & utility pada komputer anda dengan cara:

 C:>ping localhost 

Jika anda mendapati reply dari desktop anda seperti di bawah maka berarti driver tersebut sudah terinstall dan anda dapat mengabaikan langkah selanjutnya.

Pinging shantika [127.0.0.1] with 32 bytes of data:
Reply from 127.0.0.1: bytes=32 time<10ms TTL=128
Reply from 127.0.0.1: bytes=32 time<10ms TTL=128
Reply from 127.0.0.1: bytes=32 time<10ms TTL=128
Reply from 127.0.0.1: bytes=32 time<10ms TTL=128

Ping statistics for 127.0.0.1:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 0ms, Maximum = 0ms, Average = 0ms

Jika anda anda tidak memiliki network card terpasang pada desktop anda, maka anda dapat menggunakan driver standar Microsoft Loopback adapter dengan menginstallnya melalui Control Panel >> Add/Remove Hardware >> Add a new device >> Select from List >> Network Adapter, kemudian pilih Microsoft || Microsoft Loopback Adapter.

Setelah semua hal tersebut terpenuhi, kini tiba saatnya anda mengetahui bahwa dibalik instlasi standar Firebird yang miskin akan tool administration yang mudah digunakan/user-friendly, ada beberapa tool yang disediakan oleh third-party vendor yang menawarkan banyak kemudahan-kemudahan dan bisa anda dapatkan secara gratis ataupun membelinya.

Interbase Console (IBConsole)
Interbase Console, dari namanya sebenarnya merupakan tool administratif standar dalam paket interbase server versi komersil. Namun dalam hal ini tool tersebut dapat pula digunakan untuk mengadministrasikan Firebird server. Tool ini barangkali akan lebih menyenangkan untuk anda yang sudah berpengalaman dalam menggunakan SQL dan lebih mempercayai kemampuan tangan anda untuk melakukan task-task ke dalam bahasa SQL. Anda bisa mendapatkan tool ini secara gratis dengan mendownloadnya pada alamat berikut.

Marathon
Tool ini barangkali sudah cukup dikenal bagi para pengguna Interbase kawakan, dan bisa digunakan untuk mengadministrasikan Firebird secara mudah. Marathon bisa anda dapatkan secara gratis dengan mendownloadnya pada alamat berikut:

http://sourceforge.net/projects/gmarathon

IBExpert Personal Edition
Bagi anda yang baru beralih belajar mengunakan c/s database, atau terbiasa dengan kemudahan tool administratif pada database kesayangan anda, tool ini barangkali adalah yang paling sesuai untuk anda. Kendati gratis, fitur/fasilitas yang ditawarkannya cukup kaya untuk melakukan task-task administratif umum secara mudah. IBExpert personal edition bisa anda dapatkan secara gratis dengan mendownloadnya pada alamat:

http://www.ibexpert.com

Tool-tool tambahan lainnya yang akan cukup membantu anda dalam menganalisis optimalisasi query yang anda gunakan:

Interbase PLANalyzer

Tentu saja jika anda memiliki anggaran berlebih anda bisa menggunakan administration tool versi komersil yang menawarkan fitur dan kemudahan yang jauh lebih nyaman untuk anda gunakan dari yang telah disebutkan di atas:

Hingga saat ini Firebird belum memiliki dokumentasi yang lengkap akan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya seperti halnya pada database lain dalam bentuk referensi teknis ataupun panduan manual yang barangkali akan anda perlukan. namun anda masih dapat menggunakan dokumentasi online yang menyertai paket Interbase 6.0 Open Edition yang merupakan cikal bakal Firebird sebagai acuan awal. dokumentasi tersebut dapat anda dapatkan pada alamat berikut.

Tentu saja telah banyak perbaikan, perubahan, ataupun penambahan fitur sepanjang usia pengembangan Firebird hingga saat ini. Dokumentasi atas penambahan/hal-hal baru tersebut bisa anda dapatkankan pada alamat berikut:

Dengan tool-tool dan dokumentasi tersebut, kini anda dapat mulai menjelajahi dan mengeksplorasi seluruh kemampuan Firebird secara mudah.

Selamat datang di dunia Firebird.πŸ™‚

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kalo kita gunain database kyak oracle ato mysql bisa ga clientnya dibeda komputer mas?? misal.. oracle di komptr A,sedangkankan kita menjalankan aplikasi delphi dari komptr B melalui jaringan LAN dan terkoneksi ke database di komputer A.. mohon dibahas dunk mas:D


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: