Ketidakpastian dan Oportunity

March 31, 2006 at 1:34 pm | Posted in General, News & Events | 18 Comments

by: Jaimy Azle 

Developer Delphi saat ini mungkin merasa bingung masa depan pengembangan bahasa ini, tidak hanya di Indonesia barangkali, namun di seluruh dunia. Hal ini wajar saja sejak diumumkannya rencana Borland untuk melepaskan jajaran produk IDE, dimana delphi termasuk diantaranya pada awal februari lalu. Meskipun hal ini sudah berulangkali dijelaskan bahwa Delphi masih memiliki masa depan yang sangat baik dengan fleksibilitasnya, namun kenyataannya kecemasan itu tetap muncul secara acak.

Hal ini tentunya pula merupakan oportunity bagi kompetitor lain untuk mengisi kekosongan tersebut dengan menawarkan produk mereka untuk digunakan dalam pengembangan aplikasi. Yang saya lihat sendiri sudah ada beberapa yang pernah mencoba untuk memanfaatkan oportunitas ini untuk kepentingan bisnis mereka, RealSoftware dengan RealBASIC-nya, dan baru-baru ini, tidak ketinggalan pula, microsoft dengan VisualStudio-nya. Lihat saja salah satu penjelasannya:

Visual Basic is the right language, and Visual Studio the right tool, for building Windows and web based applications rapidly.
Visual Studio Information for Borland Delphi Developers

Padahal, sesungguhnya VB sama sekali tidak match dalam hal fitur dan kapabilitas jika dibandingkan dengan Delphi. <<–sigh–>>

18 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Buat org2 yg terlalu menggantungkan diri ke delphi scr spesifik, wajar aja kalo cemas. Tapi kalo kita lebih menitikberatkan ke “object pascal”-nya, sebenarnya gak perlu cemas2 amat. Masih ada banyak alternatif pengganti compiler ato IDE lain. Tinggal kitanya aja, mau gak untuk migrasi.🙂
    -Bee-

  2. permasalahannya seringkali bukan pada sofware yang akan dibangun, melainkan pada software yang harus dijaga lifecycle-nya.

    Porting aplikasi itu membutuhkan effort yang besar, bahkan mungkin sama besarnya dengan rewrite. apalagi untuk untuk jenis aplikasi besar yang seringkali melibatkan 3rd-party library yang kompleks.

    jadi pilihan bahasa yang sama belum tentu langsung bisa dijadikan sebagai opsi.🙂

  3. hhmm.. ada yang menarik dari post MarcoCantu dan respon orang lain perihal kabar ini, coba simak di: http://blog.marcocantu.com/blog/vsinfo.html

  4. Delphi adalah bahasa pemrograman yang selama ini saya pakai dan saya cintai. Semuanya berawal dari main Turbo Pascal waktu smp dulu🙂
    Betul juga kata Jaimy developer delphi sedang bingung, paling tidak saya lagi bingung…

    Ada pikiran untuk pindah ke VS.NET (walaupun masih bingung mau pake C#, VB, J#, C++, atau gak tau ada bahasa apa lagi).
    Yang menjadi pertimbangan saya berpikir untuk migrasi dan meninggalkan Delphi, cinta pertama saya🙂 adalah:
    1. Saya bingung mau beli delphi asli di mana, kalo microsoft kan masih lebih mudah didapat. Di Indonesia ada kantor Microsoft, toko komputer yang jual software asli microsoft juga banyak. Sedangkan delphi, setahu saya (CMIIW) kantor terdekatnya di Singapore
    2. Anders Hejlsberg dan Danny Thorpe yang adalah employee senior Delphi migrasi ke Microsoft. Memangnya iklim di kantor Borland ada yang salah atau masa depan suram?
    3. Dengan adanya kantor Microsoft di Indonesia, saya percaya support ke depan untuk produk Microsoft akan lebih baik
    4. Microsoft menyediakan versi free (VB.NET Express, VC# Express) sehingga kita bisa belajar dan memakainya dengan tenang tanpa merasa bersalah. Sedangkan delphi, berapa banyak mahasiswa di sini yang punya Delphi asli? berapa banyak developer software yang punya Delphi asli? Delphi free edition, where we can get it?

    So, gimana pendapat Jaimy atau yang lain?
    Apa yang membuat anda cinta mati dengan delphi?
    atau sekarang juga lagi bimbang?

    Satu hal yang membuat saya senang pake Delphi adalah komunitas pemakai Delphi di Indonesia jauh lebih aktif daripada komunitas pemakai Visual Studio.
    Mungkin ini juga gara2 adanya delphi’er sejati seperti Jaimy🙂

    btw, ada yang tau nggak comparison harga antara Borland Delphi dengan Microsoft Visual Basic .NET?
    udah saatnya programmer pake software asli.
    Sebagai programmer kan kita harus menghargai hasil karya programmer lain, ya nggak?

    Thanks…
    — Pecinta dan pemakai setia Delphi yang sekarang mulai ragu —

  5. @kang Jaim:
    Betul. Tapi, rasanya bgmanapun juga, kesamaan bhs bisa mengurangi kompleksitas secara cukup signifikan dalam proses migrasi. Satu bhs aja udah rumit, apalagi beda bhs.🙂

    @Yohan:
    Delphi sebagai produk emang pantas diragukan. Tapi menurut saya, Delphi sbg bhs, masih layak diperhitungkan. Alternatif Delphi (sbg bhs) banyak tersedia, seperti FPC, Chrome, dlsb.

    -Bee-

  6. #yohan:
    “Apa yang membuat anda cinta mati dengan delphi?”
    bukan cinta mati, tapi mungkin lebih tepatnya karena dengan delphi, saat ini tipikal program apapun bisa dibuat dalam tingkat kesulitan/kompleksitas yang relatif lebih rendah dibandingkan bahasa lain. Namun , tentunya ini bukan berarti untuk setiap kasus asumsinya adalah sama, bagaimanapun masing-masing bahasa punya kelebihannya sendiri-sendiri. Kalau anda aktif di Visual Studio (C#), mungkin anda juga melihat saya ada di sana.

    Apakah itu berarti saya meninggalkan delphi dan pindah haluan ke C#? gak juga, mungkin saja karena saya menemukan hal menarik di C# yang secara implementatif lebih baik dibandingkan implementasi Delphi, webservice misalnya. Tapi apakah C# juga baik untuk membuat aplikasi yang langsung berhubungan dengan user? saat ini saya kira kurang tepat, setidaknya menurut saya dengan kebutuhan akan .NET framework, sementara client saya masih ada yang menggunakan Prosesor Pentium Pro dengan WIn98.🙂

  7. Alasan saya menggunakan Delphi adalah kecepatan program dan daur hidup pengembangan aplikasinya. RAD banget gitu loh.

    Terus terang, saya sendiri menggunakan Java untuk console transaction based di Linux, sedangkan untuk GUI di Windows, saya memilih Delphi sebagai silver bullet saya.

    Alhamdulillah, saya sudah beli Delphi 2006 yang original, karena merasa berhutang moral telah menggunakan Delphi 6 bertahun-tahun buat cari makan.

    Saya sendiri tidak suka jadi fanatik, tapi selalu melihat teknologi sebagai tool. Mana yang paling saya kuasai dan cocok untuk mengatasi masalah yang dihadapi, ya itu yang dipakai. Masalah favorit, IDE Windows adalah Delphi, sedangkan bahasa adalah Java.

  8. Sambil melihat perkembangan ke depan, saya tetap pake Delphi. Beli Delphi original dimana ya? Thanks

  9. help please… dimana saya bisa beli delphi 7 yg original… biar halal…. thx in advance….

  10. lam knal buat programer2 senior dari junior
    delphi.
    btw klangsungan borland delphi sampai kpan ya

  11. Serba salah hidupnya programmer Delphi di Indonesia nih … mau beli delphi original aja susahnya minta ampun … gimana Delphi(halal) bisa menjadi tools nya perusahaan-perusahaan di sini ya ?.
    Dari kemarin nyari web sitenya Indonesia yang
    menjual Turbo Delphi Professional aja sampe gini hari belum ketemu juga …. >>Sigh

  12. Betul nih, kpn kita bisa pake delphi ya legal ???, pikirin sama2 yuk… atau kita migrasi sama-sama….

  13. http://www.codegear.com/shop/apac/asean
    Ini daftar reseller tempat membeli delphi original.
    Sekarang Delphi sudah menjadi bagian CodeGear dengan rencana ke depan untuk win32 dan win64.

    Indonesia
    ECS Indo Jaya, PT
    Catharine Burchan
    6221 6231 2893

  14. Codegear : A new organization 100% dedicated to the Microsoft Developer Tools Market.

  15. A new organization 100% dedicated to the Microsoft Developer Tools Market.

  16. eh rame-rame beli delphi original, gue masih pake yang bajakan, lantaran saya gak bertujuan untuk komersil tapi hanya untuk belajar saja.

  17. saya mah udah bertahun2 pakai delphi, boleh dibilang sejak delphi 3 pertama kali keluar saya langsung dapat bajakannya dari lingkungan kampus dan pakai sampai sekarang. krn saya programmer tools, bukan programmer database, maka saya tetap setia di delphi 3 setelah coba delphi 4, 5, dst… krn delphi 3 lebih kecil ukuran exe nya dan memang saya tidak butuh fungsi2 database yg makin jadi fokus di delphi terbaru. sekarang setelah marak kesadaran utk pakai program asli, saya lebih susah lagi krn dimana2 hanya delphi 2005 keatas yg dijual. piye jal…

  18. kalo pengen nyari delphi 7 pro dimana ya? dan harganya berapa😀 sudah saatnya kita bertobat dengan menggunakan program asli kalo murah, kalo mahal apa mau dikata


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

