Perang Solusi di Platform Middleware

April 6, 2006 at 8:41 am | Posted in General, News & Events, Opinions | Leave a comment

by: Jaimy Azle

Munculnya ActiveGrid sebagai solusi middleware untuk platform LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP) sedikit banyak semakin meramaikan panasnya perdebatan J2EE, .NET, dan LAMP sebagai solusi application untuk kelas enterprise meski jujur saja, hingga saat ini J2EE tetap masih berada di puncak dengan segudang library dan implementasi yang telah banyak terbuktikan.

"Java is great, PHP sucks and .NET can't scale," Shaun Connoly JBoss's vice president of product development said.
J2EE vs. LAMP vs. NET Battle Royal

LAMP memang terus berkembang penggunaanya, dari yang awalnya hanya digunakan sebatas CGI, kemudian sebagai aplikasi web yang dinamis, dan berkembang terus hingga mendukung RPC, dan SOA yang saat ini banyak diimplementasikan sebagai media komunikasi antar platform.

Untuk pengembangan delphi sendiri hal ini tentunya tetap menyenangkan, Delphi dapat digunakan untuk membangun aplikasi di sisi server sebagai Middleware, dan dapat pula digunakan untuk membuat aplikasi di sisi client dengan memanfaatkan ketiga bentuk solusi tersebut tanpa harus repot ikut dalam debat kusir tersebut.

Berikut adalah perangkat yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan middleware yang ada:

  • CORBA, Dengan memanfaatkan Visibroker yang sudah termasuk dalam paket delphi edisi enterprise, developer dapat membuat aplikasi yang mampu berinteraksi dengan application server yang dibangun dengan Java.
  • XML-RPC, xml-rpc memanfaatkan protokol HTTP sebagai media komunikasi antara client dengan server, implementasi RPC ini cukup banyak digunakan di lingkungan LAMP, salah satunya adalah blogging tool seperti WordPress (yang digunakan untuk blog ini) MovableType, dll. Developer dapat memanfaatkan komponen Delphi XML-RPC ataupun RemObjects SDK untuk berkomunikasi dengan server.
  • SOAP, Implementasi SOAP saat ini ramai digunakan di kalangan komunitas .NET sebagai webservice. untungnya dukungan SOAP ini sudah termasuk dalam paket distribusi delphi sejak versi 6 (jauh saat .NET sendiri masih dalam kandungan). Namun sayangnya implementasi SOAP hingga saat ini seringkali masih memunculkan cukup banyak masalah interoperabilitas, sebaiknya periksa terlebih dulu apakah impelementasi SOAP di sisi application server atau web service yang digunakan memenuhi testing interoperabilitas ini (http://www.whitemesa.com/). Selain bawaan Delphi, developer dapat memanfaatkan RemObjects SDK, ataupun bila mengakses COM tidak menjadi masalah maka Microsoft SOAP Toolkit 3 dapat pula digunakan sebagai alternatif pilihan untuk kebutuhan ini.

Jadi saat ini, biarlah mereka-mereka berperang menunjukkan siapa yang bisa memberikan solusi paling tepat, sementara kita di sini dengan toolset yang lengkap tinggal memanfaatkannya. Pun jika solusi tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan, maka perlengkapan yang ada pun masih sangat cukup untuk membuat implementasi Middleware secara mandiri.🙂

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: