Delphi: to-opensource atau not-to-opensource

April 25, 2006 at 3:57 pm | Posted in Opinions | 26 Comments

by: Jaimy Azle

Ada satu keadaan yang menarik setelah Borland mengumumkan untuk menjual jajaran produk IDE-nya beberapa waktu lalu adalah munculnya golongan yang setuju dengan ide untuk mengopensourcekan Delphi dan golongan yang menentang ide tersebut. Golongan yang mendukung ide untuk mengopensourcekan delphi bahkan telah melangkah lebih jauh dengan menggalang dana untuk membeli kepemilikan Delphi dengan tujuan untuk mengopensourcekannya.

Sementara di sisi lain golongan yang menentang berpendapat ide tersebut berarti menginginkan kematian Delphi secara instan, ataupun membuat delphi ditinggalkan penggunanya karena tidak dapat mengikuti perkembangan jaman.

Bagaimana menurut anda sendiri, Delphi lebih baik opensource atau tetap closedsource seperti saat ini? barangkali dari pendapat-pendapat yang muncul nantinya bisa semakin memperluas wacana kita bersama.๐Ÿ™‚

26 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Delphi: to-opensource atau not-to-opensource

    Ada satu keadaan yang menarik setelah Borland mengumumkan untuk menjual jajaran produk IDE-nya beberapa waktu lalu adalah munculnya golongan yang setuju dengan ide untuk…

  2. Delphi: to-opensource atau not-to-opensource

    Ada satu keadaan yang menarik setelah Borland mengumumkan untuk menjual jajaran produk IDE-nya beberapa waktu lalu adalah munculnya golongan yang setuju dengan ide untuk…

  3. Jika dan hanya jika Borland atau perusahaan penerusnya (NewDevCo) benar2 menunjukkan tekad dan bukti nyata keseriusan untuk terus mengembangkan Delphi menjadi lebih baik (misal: dukungan multiplatform, mendukung teknologi2 terbaru, dlsb), saya setuju Delphi tetap bersifat closed-source.
    Tapi, jika ternyata Delphi kemudian tidak diteruskan secara serius, maka saya lebih setuju kalo Delphi goes open source. Banyak developer yg berniat untuk mengembangkan Delphi (jika jadi open source), terutama developer dari FPC dan Lazarus. Banyak hal baru yg bisa dikembangkan dari gabungan FPC dan Delphi, keduanya saya lihat saling membutuhkan dan saling melengkapi. Walaupun demikian, saya kurang setuju dgn cara seperti yg dilakukan oleh opendelphi.org, saya lebih setuju jika Borland sendiri yg meng-opensource-kannya. Sebagaimana dulu Borland meng-opensource-kan Interbase (yg sekarang menjadi Firebird).
    Namun secara pribadi saya melihat kok gelagatnya Delphi tidak lagi mendapat perhatian yg semestinya, apalagi di tengah booming (dan promosi) .Net dgn C#-nya. Apalagi melihat “pasukan inti” Borland semakin banyak yg “dilucuti” oleh M$ atau perusahaan besar lainnya (Google?).๐Ÿ˜› Padahal kalo dikaji lebih obyektif, saya melihat Delphi punya peluang lebih besar daripada C# (atau juga VB.Net) sebagai bahasa multiplatform.
    Pendapat dari Nick maupun Martijn rasanya juga kurang tepat. Tapi saya gak akan bahas pendapat mereka disini.๐Ÿ™‚
    -Bee-

  4. kalau dilihat dari keseriusannya sih, dari yang saya lihat perkembangannya, tetap serius DavidI biasanya selalu cerita perkembangan dari “DevCO” ini.

    bicara soal Borland yang mengopensourcekannya sepertinya kasusnya nanti malah akan seperti Firebird, Borland merilis source code IB dulu dengan lisensi yang gak memungkinkan IB di akuisisi oleh satu perusahaan tertentu. Dan sepertinya mungkin ini juga bisa jadi menguntungkan, bisa jadi merugikan, karena bukan hal yang gak mungkin nantinya jika orang-orang seperti “Jim-Starkey”-nya delphi dicomot oleh perusahaan lain karena nggak mungkin mengakuisisi Delphi. Akibatnya, kemungkinan Delphi lambat laun bisa saja terlantarkan karena orang-orang yang berkompeten dalam pengembangan delphi lebih milih bekerja di perusahaan yang lebih menjanjikan kehidupan yang lebih baik bagi mereka ketimbang memaintain sebuah project opensource yang bermodalkan pas-pasan.

  5. Aku kurang setuju kalo delphi di open source, karena kalo nasibnya jadi seperti firebird yang ditinggalkan oleh tim inti, maka tidak ada lagi yang mengembangkan delphi, dan akan butuh waktu lama bagi orang lain untuk melanjutkannya, seperti yang dialami oleh ZeosDBO, yang ditinggalkan oleh tim inti, dan sekarang baru dalam proses ambil alih oleh tim lain.
    Dengan delphi di pegang oleh perusahaan yang berkompeten dan memiliki keseriusan dalam pengembangannya, maka delphi masih lebih hidup, karena didukung oleh instansi yang kuat dan tidak mudah goyah.

  6. Saya menolak keras delphi jadi opensource karna sama-sama yang kita tahu kasusnya linux dan firebird sendiri.

    Sebaiknya delphi tetap closesource dan dipimpin oleh orang-orang yang mampu mengembalikan delphi dalam kejayaan seperti tahun 90an.

    Dan sebaiknya delphi/borland dimiliki oleh perusahaan yang benar-benar mapan dan modalnya cukup untuk riset & pengembangan 20 tahun kedepan.

    Jika delphi benar-benar menjadi opensource, saya pun otomatis pindah bahasa pemrograman seperti VB.NET atau Java ataupun Oracle Developer.

    Biarlah waktu yang menjawab, dan saya mempercayai dunia ini bulat; kadang org diatas dan kadang dibawah.

  7. Saya sih pengen delphi open source.
    Karena:
    1.pengen ngerti code core-nya delphi.
    2.kalo sudah ngerti core-nya pengen ngembangin delphi.
    2.biar nggak perlu lagi pake delphi bajakan.

    kalo ada pendapat yang bilang open source bakal bikin delphi mati, itu sih ketakutan yang tidak beralasan.

    Mengapa? karena basis pengguna Delphi besar. Firebird gagal walaupun dibuat opensource karena basis penggunanya tidak sebanyak MySQL atau PostgreSQL. FPC walaupun opensource toh tetap eksis.

    Justru kalo tidak dibuat opensource, peluang Delphi mati makin jadi cepat, karena tidak ada lagi developer yang mengembangkannya.

    kalo open source, peluang tersedianya developer untuk mengembangkan delphi jauh lebih besar.

    so delphi open source? why not!

  8. #zamrony: kalo sebagai materi belajar, psstt… dulu pernah beredar source turbo pascal, nah sebenarnya kan core-nya sama. hanya memang sih di versi Delphi core compilernya udah diporting pake bahasa C++. namun urutan logika yang digunakannya secara garis besar masih satu alur. atau kalau lebih nyaman FreePascal kan merilis juga source code-nya. Sebenarnya saya juga tertarik ilmu merancang kompiler ini, dulu sampe punya beberapa buku yang membahas khusus tentang itu.๐Ÿ™‚

  9. wah, open source sih bagus.tp untuk persaingan global saat ini, apa mungkin mas borland tangggung untuk membuka core nya, padahal makanan mereka juga. lagian, kan masih banyak pemograman lain yang mempunyai tools yang gratis seperti java dsb. kalo toh di open source kan . siapa yang mau kembangkan lebih lanjut ?? elo , mungkin ngak yah ????

  10. ngantuk banget
    capek baru aja gw mo download source kode
    apa tuhn,,, bikin jengkel
    udah tinggal dikit lagi minta passw plus isi
    email lagi jengkel gw……….

    >>>>>>>>>>>>>
    mikir donk gimana bisa berkembang klo nga open
    source dasar delphi brengsek…..wassalam

  11. eh tolong banget teman gw butuh
    source code filter query di delphi
    tentang data apa aja yang pake…!
    sql quey (plis tolong banget) klo
    ada yang mahir…..

    __________
    itu teman terbaik gw ini no.hpx (081347433361)
    tolong banget yah…klo ada yang mahir..
    karna itu script code untuk
    skripsinya tolong banget…..!
    _____________
    wassalam

  12. closesource? OK!
    opensource? Really OK!

  13. mas aku mau tanya bagaimana cara membuat laporan Di borland delphi dengan cristal report 8
    tolong di balas ke email saya, ya mas

  14. […] Mohammad DAMT, sembari meneruskan ulir diskusi tentang masa depan Java berhadapan dengan Mono/.NET, mengingatkan bahwa perubahan lisensi tersebut dilakukan dini hari tadi. Selain berkompetisi dengan lingkungan pengembangan lain, sebelumnya telah berlangsung perdebatan yang cukup hangat tentang keuntungan atau kerugian Java jika akan diubah menjadi berlisensi bebas. Tinjauan yang digunakan berlaku umum: selain mereka yang optimis dengan gaya pengembangan terbuka seperti yang sudah ditunjukkan oleh kesuksesan banyak perangkat lunak bebas berkualitas tinggi, sebagian yang lain (biasaya lebih sedikit) khawatir bahwa perubahan tersebut menjadi “tak terkendali” atau malah mandek sama sekali karena hilangnya rasa memiliki. Perdebatan seperti ini juga pernah merebak pada isu lisensi bebas untuk Borland Delphi. […]

  15. menurut saya, lebih baik delphi kearah open source. sebenarnya microsoft masih mengincar delphi dalam garis besarnya, vb masih dibawah delphi. Mungkin lebih baik delphi diopen sourcekan ke arah Kylix dan itu lebih baik.

    Bisnis dan ilmu adalah 2 hal yang sangat bertentangan dalam pelaksanaannya. Untuk lebih memajukan dunia, Open Source is the answer.

    Terima kasih Jaime Azle,
    Guru adalah yang hal terbaik dalam hidup kita.

  16. Punten kang admin … newbie neh.

    Yup,… delphi tetap close source. Didukung perusahaan kuat, developper tangguh, dan rilis delphi baru lagi. Dan kita, tinggal membajaknya lagee …๐Ÿ˜€

    Jujur saja, jika ingin yang bagus, memang harus mahal. Masalahnya, bukan maunya kita tetapi gimana keadaannya. Kalau nyaingin Miclocop secara materi siapapun gak sanggup. Tapi secara fundamental, delphi akan hidup ditangan developper sejati yang tidur, bangun, dan matinya di depan komputer. Bukan developper yang ngitung berapa besar bonus liburan akhir tahun.

    Delphi di-opensourcekan saja, seperti halnya java yang terjadi perkembangan menarik setelah opensource. Memang mungkin gak sepopuler .NET, tapi setidaknya kita masih tetap menggunakan delphi dengan dukungan komunitas yang kuat.

    Yah, ketimbang ngotot delphi gak opensource tapi ujung2xnya kita cuma ngebajak … mending dukung Delphi jadi opensource. Setelah itu, multiplatform deh …๐Ÿ˜€

    Asyiiiik ….

  17. Nice resource, very interesting reading. retirements gifts

  18. Kenapa sih gak ada web yang ngasih tau sejarah, komponen, ruang kerja delphi…….
    yang tau, kasih tau dong?????

  19. saya rasa kalau open source sangat baik, dengan tambahan kalau buat program free maka gratis, dan kalau program komersiil yang bagi2 aja berapa persen dari keuntungan…….

  20. Kalau Delphi diopen sourcekan, terus pemasukannya dari mana dong…?

  21. saya sih…tetap setuju Delphi jadii opensource..
    daripada closesource tapi kita bajak terus…
    kalo gitu kan, kita bisa ngurangi dosa kita…
    he…he…he…

  22. ada yg bisa memberi contoh program opensource delphi terhadap input serial mikrokontroler atmega16???bingung neh skripsi jadi puyeng krn setau saya delphi hanya dipakai di dalam program komp saja dan tidak berhubungan dengan input/outpu.tolong y dibalas ke email.Plis-plis.Thanks.

  23. kalo saya sih setuju sekali kalo delphi di opensource-kan. sedangkan ada kabar delphi bakalan mati kalo di opensource-kan, itu sangat salah dan tidak beralasan.
    kalo menurut saya, dengan diopensource-kan delphi maka akan lebih banyak developer atau programmer yang mau mengembangkan delphi atau membuat aplikasi pemrograman sejenis atau bahkan bisa mencari kekurangan – kekurangan delphi lalu memperbaikinya supaya delphi dapat tetap eksis untuk masa – masa mendatang. selain itu pula dengan delphi diopensourcekan maka akan lebih memperkecil peluang orang untuk memakai yang bajakan…SEMOGA IT INDONESIA AKAN LEBIH MAJU LAGI UNTUK MASA – MASA YANG AKAN DATANG

  24. dari pada saling ngotot pengen opensource ato closesource lebih baek tanya diri kita dulu, ntar kalo closesource ntar ujung-ujungnya da yg ngebajak tuh delphi, lebih baek kan open ja dh,
    lagian yang makek delphi kan Insyallah buanyaak…
    and then pasti da org yang mau ngembangin biar lebih “SEMPURNA”
    kita untuk, ilmu tetep maju….key
    by &_ris

  25. dari pada saling ngotot pengen opensource ato closesource lebih baek tanya diri kita dulu, ntar kalo closesource ntar ujung-ujungnya da yg ngebajak tuh delphi, lebih baek kan open ja dh,
    lagian yang makek delphi kan Insyallah buanyaak…
    and then pasti da org yang mau ngembangin biar lebih “SEMPURNA”
    kita untung, ilmu tetep maju….key
    by &_ris

  26. bugil smu
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/bugil-smu/]bugil smu[/URL]
    gangster names
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/gangster-names/]gangster names[/URL]
    bersetubuh kali pengalaman pertama
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/bersetubuh-kali-pengalaman-pertama/]bersetubuh kali pengalaman pertama[/URL]
    bugil indonesia
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/bugil-indonesia/]bugil indonesia[/URL]
    ukulele tabs
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/ukulele-tabs/]ukulele tabs[/URL]
    myspace mp3 players
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/myspace-mp3-players/]myspace mp3 players[/URL]
    artis foto indonesia telanjang
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/artis-foto-indonesia-telanjang/]artis foto indonesia telanjang[/URL]
    myspace editer
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/myspace-editer/]myspace editer[/URL]
    medevil times
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/medevil-times/]medevil times[/URL]
    mock draft 2006
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/mock-draft-2006/]mock draft 2006[/URL]
    medium tv show
    [URL=http://poticecagi59.my3gb.com/medium-tv-show/]medium tv show[/URL]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: