Turbo Delphi ..(1 hari lagi)

September 4, 2006 at 5:09 pm | Posted in General | 4 Comments

by Zamrony P Juhara

Turbo Delphi bakal release besok. Sudah gak sabar pengen ngeliat gimana sih tampangnya development tool ini. Dengan embel-embel Turbo, sepertinya sih Turbo Delphi bakal menghidupkan lagi kenangan banyak programmer dengan Turbo Pascal. Kenangan akan compiler yang kompilasinya tercepat dan IDEnya mudah digunakan

Saya jadi ingat pengalaman saya menggunakan Turbo Pascal di pertengahan 1996- pertama kalinya saya menyentuh namanya dunia programming- Gak terasa sudah 10 tahun saya berkutat dengan dunia ini..phew.

Awal-awalnya saya tidak begitu tertarik. saya mempelajarinya sebatas kewajiban karena ini adalah mata kuliah semester awal di jurusan Teknik Mesin ITS.

Satu semester berlalu, tapi kuliah pemrograman komputer ini lewat begitu saja tanpa bekas. Pada tahun 1998, saya iseng ke toko buku, dan (mungkin sudah ditakdirkan) menemukan buku “Pemrograman Animasi dan Game Professional” tulisan Agustinus Nalwan. Saya tergelitik topiknya karena sejak SMA saya emang doyan main game (pake console SEGA) dan (mungkin sudah ditakdirkan) akhirnya saya beli buku itu.

Isinya tentang bagaimana membuat program game sekelas game-game arcade yang sudah ada. Buku ini menggunakan Turbo Pascal sebagai kompilernya. Sejak hari itu, my life has changed. Hampir tiap hari selama 10 jam lebih saya nongkrong di Lab komputer milik Puskom ITS (waktu itu masih jamannya 486) mengutak-utik Pascal, mulai dari bikin game, animasi, sampai virus pernah saya buat pake TP 7.0. Untuk program virus ini saya pun kena batunya-saya terinfeksi sendiri dan gak tau bagaimana bikin vaksinnya hehehe)- akhirnya kapok bikin virus.

..sekarang, 1 hari lagi, Borland (DevCo) akan kembali menghidupkan nama Turbo, dengan tawaran free development tool dan minimum price, Borland sepertinya ingin merebut lagi para programmer hobbiest dan individual yang ingin sekali memprogram tapi tidak punya budget untuk membeli Delphi original yang harganya hanya terjangkau untuk kelas korporat.

akhirnya ..welcome Turbo Delphi

4 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Ya, sesuai namanya. Turbo Delphi lebih cepat dibandingkan Borland Delphi 8 dan Borland Delphi 2005.

  2. assalamu’alaikum
    ma’af mengganggu saya seorang newbie bolehkan bertanya..?turbo delphi explorer sangat bagus selain gratisan dan bisa dikomersilkan apakah benar begitu?

    2.saya ingin menambah tampilan vclnya dengan skin cantik bagaimana cara menambahkomponennya susah sekali tidak seperti didelphi 7 umpamanya..?

    3.jika kami membuat free prgram dengan delphi 7 personal apakah pihak borlan mengijinkan..?

    kiranya bapak berkenan menjawabnya sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

  3. 1. Ya
    2. Turbo Delphi Explorer memang adalah bversi limited Turbo Delphi, ditujukan untuk kalangan pelajar dan hobbyist yang tidak punya cukup duit untuk membeli lisensi tool development. Keterbatasannya salah satunya aadalah Anda tidak diijinkan menambah third party control di Component Palette. Tapi ini bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan kontrol/komponen pihak ketiga. Anda bisa, hanya prosesnya melalui koding, tidak drag drop lewat IDE.
    3. AFAIK, di End USer License Agreement (EULA) tidak disebutkan larangan memproduksi software komersial dengan Turbo Delphi Explorer. Tapi untuk jelasnya silakan kontak representatif CodeGear.

  4. kita satu ruangan namun beda masa, tempat yg sama Puskom ITS masih menggunakan 286 generasi awal komputer canggih dg tombol “Turbo” warna merah yg hanya berkemampuan 8-12Mhz, masih belum mengenal pascal maka basic dan assembly saja yg dipelajari.

    Materi disini sangat bagus.đŸ™‚


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

