Komponen IBO Dataset untuk FastReport 3

September 20, 2006 at 2:36 pm | Posted in Components, Tutorials | 5 Comments

By: Jaimy Azle

FastReport 3 menawarkan cukup banyak fitur yang sangat bermanfaat dalam pembuatan report dalam aplikasi. Salah satu fitur itu adalah Arsitekturnya yang fleksibel yang memungkinkan developer membuat sendiri komponen Dataset untuk DBMS yang tidak disupport oleh FR3. Di sisi lain Interbase Object pula merupakan salah satu library favorit yang cukup banyak digunakan untuk membangun aplikasi berbasis FirebirdSQL.

Sebenarnya komponen ini bukanlah sesuatu yang baru mengingat Andreas Hesse juga sudah membuat komponen dengan tujuan yang sama yang bisa di download di Contributed Section IBO. Namun setelah mencoba menggunakannya selama beberapa saat, saya cukup pusing dengan masalah-masalah yang dibawanya terutama terkait dengan cara kerjanya yang rada aneh, bahkan dalam beberapa bagian sepertinya Andreas lupa mendestroy komponen yang dibuatnya sehingga mengakibatkan memory leak. Hal ini yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk meluangkan sedikit waktu untuk membuat sendiri jembatan tersebut untuk digunakan pada aplikasi yang saya kerjakan.

Keuntungan utama yang ditawarkan dengan menggunakan jembatan seperti ini adalah developer bisa membuat, memodifikasi, atau menambahkan report secara mandiri diluar dari aplikasi, begitu pula di sisi user yang menggunakan aplikasi, mirip seperti yang terdapat pada crystal report. Tentu saja mungkin ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan untuk membuat hal tersebut sepenuhnya bisa dilakukan. namun setidaknya komponen ini akan melengkapi kebutuhan akan customizable report di sisi user khususnya pada aplikasi yang menggunakan IBO sebagai backbone konektifitas data.


Kunci utama sifat dari komponen yang berfungsi sebagai penjembatan adalah komponen itu tentunya berfungsi membungkus komponen dataset yang sesungguhnya dengan komponen yang dikenali oleh FastReport. Dalam hal ini FR3 telah menyediakan TfrxCustomDatabase, TfrxCustomTable, dan TfrxCustomQuery sebagai base class dari komponen yang akan kita buat. Dengan memanfaatkan base class tersebut, kita bisa membuat wrapper atas IBO Data Access Component sehingga dapat digunakan dalam user defined reporting system, dan dapat juga dimanfaatkan melalui scripting system yang terdapat pada FR3.

Komponen ini telah diujicobakan pada salah satu project yang saya buat dan sejauh ini berjalan dengan baik tanpa ada kekurangan-kekurangan seperti yang terdapat pada komponen yang telah ada.

Untuk rekan-rekan yang ingin mempelajari atau sekedar menggunakannya dalam project yang sedang dibuat, silahkan mendownloadnya:

FR3_IBObjects.zip

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. hai salam kenal aja …

  2. Hm….sayang
    FR3 dengan versi2 sebelumnya tidak compatible, jadinya, harus sedikit penyesuaian di sana-sini

  3. BAgus

  4. Kang Jaim, kok broken link😦
    Anyway terimakasih banget

  5. mau donk versi 4 + crack


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: